google-site-verification=p8j927F93wmi6D72LwJwCCcx1F8_7cedpA5d2vhRbto Waserbada: UKHUWAH
Kebahagiaan hidup yang disandarkan pada banyaknya harta, tingginya pangkat, jabatan dan kedudukan, banyaknya anak, dan wanita yang diidamkan tidak akan bertahan lama. Kebahagian hakiki letaknya ada di dalam hati, dan ini bisa diperoleh jika Allah ridha kepada kita. Allah akan ridha kepada kita jika kita menjalankan yang diperintahkan-Nya dan menjauhi yang dilarang-Nya

Jumat, 04 November 2011

UKHUWAH


1.                Cintailah untuk manusia apa yang engkau cintai untuk dirimu, niscaya engkau menjadi muslim. (Diriwayatkan At Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Imam Ahmad meriwayatkan hadits dari Muadz bin Jabal bahwa ia bertanya kepada Nabi saw  tentang iman yang paling utama kemudian beliau bersabda:  Iman yang paling utama ialah engkau mencintai dan membenci karena Allah dan menggunakan lidahmu dalam dzikir kepada Allah.  Muadz bin Jabal berkata, Apa lagi wahai Rasulullahu? Rasulullah saw  bersabda, Engkau cintai untuk manusia apa yang engkau cintai untuk dirimu, membenci untuk mereka apa yang engkau benci untuk dirimu, dan berkata dengan benar, atau diam.
Diriwayatkan Imam Ahmad 5/247

2.                Dalam Musnad Imam Ahmad disebutkan hadits dari Yazid bin Asad Al Qasri yang berkata, Rasulullah saw  bersabda kepadaku, Apakah engkau ingin masuk surga? Aku menjawab, Ya. Rasulullah saw  menjawab: Cintailah untuk saudaramu apa yang engkau cintai untuk dirimu.

3.                Dalam Shahih muslim disebutkan hadits dari Abdullah bin Amr bin Al Ash ra  dari Nabi saw  yang bersabda: “Barangsiapa ingin dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke surga, hendaklah ia dijemput kematiannya dalam keadaan beriman kepada Allah dan Hari Akhir, serta datang kepada manusia dengan membawa sesuatu yang ia sukai didatangkan kepadanya. (keterangan : misalnya hadiah, oleh-oleh dst)

4.                Hadits An-nu?man bin Basyir dari Nabi saw,  Beliau  bersabda: “Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta, simpati dan kasih sayang mereka seperti satu tubuh, jika salah satu dari organ tubuh ada yang sakit, seluruh tubuh mengeluh panas dan tidak bisa tidur karenanya. ? (Diriwayatkan Al-Bukhari dan muslim di Shahihnya masing-masing)

Hadits di atas menunjukkan bahwa orang mukmin tenganggu oleh apa saja yang mengganggu saudaranya yang mukmin dan sedih oleh apa saja yang membuat saudaranya sedih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar