google-site-verification=p8j927F93wmi6D72LwJwCCcx1F8_7cedpA5d2vhRbto Waserbada: KI DALANG EKO PRIHASTONO MELEPAS SISWA SMP
Kebahagiaan hidup yang disandarkan pada banyaknya harta, tingginya pangkat, jabatan dan kedudukan, banyaknya anak, dan wanita yang diidamkan tidak akan bertahan lama. Kebahagian hakiki letaknya ada di dalam hati, dan ini bisa diperoleh jika Allah ridha kepada kita. Allah akan ridha kepada kita jika kita menjalankan yang diperintahkan-Nya dan menjauhi yang dilarang-Nya

Jumat, 27 Mei 2011

KI DALANG EKO PRIHASTONO MELEPAS SISWA SMP




Pada hari Kamis, 26 Mei 2011 jam 07.00 di SMP Negeri 2 Panggang Gunungkidul diselenggarakan acara Pelepasan Siswa Kelas 9, yang menampilkan pertunjukan musik dan pertunjukan wayang kulit oleh dalang cilik (remaja) Ki Eko Prihastono yang juga merupakan siswa kelas 9 SMP Negeri 2 Panggang.

Pada acara pelepasan siswa kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya pembawa acara yang diambil dari siswa kelas 7 dan 8 menggunakan bahasa Inggris, untuk acara pelepasan pada tahun ini semua yang terlibat menggunakan bahasa jawa krama. Hal ini selain dimaksudkan untuk "nguri-uri budaya jawa yang adi luhung", juga untuk meng-sinkronkan dengan acara pementasan inti yaitu pertunjukan wayang kulit oleh "ki dalang" Eko Prihastono.

Acara di awali jan 07.00 dengan pertunjukan musik oleh  kelompok-kelompok band siswa SMP Negeri 2 Panggang dan kelompok band alumni SMP Negeri 2 Panggang

Para hadirin dan undangan dibuat kagum ketika pembawa acara yang diwakili oleh kelas 7 dan 8 membuka acara dengan menggunakan bahasa jawa krama.  Para hadirin tidak menyangka, siswa bisa mengucapkan bahasa jawa krama dengan fasih dan enak didengar. Begitu juga ketika wakil siwa kelas 9 menyampaikan kata pamit serta permohonan doa dan ucapan selamat jalan dari wakil kelas 7 dan 8.

Acara yang dihadiri oleh seluruh siswa, guru dan karyawan SMP Negeri 2 Panggang, orang tua/ wali siswa kelas 9, tokoh masyarakat sekitar serta kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga yang diwakili oleh Kasi Mones Ibu Pudyastuti.

Dalam sambutannya Ketua komite sekolah Bapak Sutarpan, SIP yang juga anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul, menyatakan salut atas terselenggaranya acara ini, dengan mengedepankan budaya adiluhung bahasa jawa krama dan pertunjukkan wayang, terlebih wayang dimainkan oleh dalang ki EKO PRIHASTONO, yang merupakan siswa SMP 2 Panggang.

Sementara itu Ibu Pudyastuti menginformasikan bahwa Bapak Kepala Dinas tidak bisa hadir karena beliau sedang umarah ke tanah suci.  Beliau juga menyampaikan apresiasinya terhadap SMP Negeri 2 Panggang, yang memiliki banyak siswa berbakat di bidang seni tertama seni musik/suara. Terlebih lagi SMP 2 Panggang memiliki dalang "cilik" yang menjanjikan.  Kepada ki dalang Eko, ibu Pudyastuti berpesan agar melanjutkan studi ke seni pedalangan, agar bakatnya bisa tersalur dan berkembangkan dengan maksimal.
Di akhir sambutannya beliau mengatakan bahwa waktu ke depan SMP Negeri 2 Panggang akan memperoleh bantuan berupa seperangkat alat musik, peralatan laboratium bahasa, dan buku perpustakaan. Sebagai penutup sambutannya beliau akan menyampaikan apa yang disaksikan kepada kepala dinas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar